Senin, 09 Juli 2012

Koperasi Balo’ta Tana Toraja masuk 10 besar Koperasi Terbaik Nasional.



Koperasi Balo’ta Tana Toraja masuk 10 besar Koperasi Terbaik Nasional. Balo’ta merupakan satu dari tiga koperasi di Sulawesi Selatan masuk dalam 10 besar koperasi terbaik nasional tahun 2010, yakni Koperasi Berkat di Bulukumba, Koperasi Balota di Tana Toraja, dan Koperasi Universitas Negeri Makassar.
Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Sulsel Abdul Hamid Basmi di Makassar, Selasa (12/7) mengatakan, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo akan ke Jakarta untuk mendapatkan penghargaan atas prestasi ini.
Khusus untuk Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Balo’ta yang berdiri sejak tahun 1941 itu pada 2008 sudah masuk 10 besar nasional versi Dekopin.
Jumlah anggota saat itu 17 ribu orang yang tersebar di lima provinsi di Indoenasi yakni Sulsel, Sulteng, Sulbar, Sultra, dan Kaltim, dengan total aset Rp134 miliar lebih.
Sementara KSP Berkat Bulukumba 2008 lalu masih berada pada urutan ke-21 dan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UNM yang berada pada urutan ke-53.
KSP berkat memiliki karyawan di atas 300 orang dengan gaji melampaui Upah Minimum Provinsi (UMP) dengan jumlah kantor yang tersebar di 23 kabupaten/kota di Sulsel. KSP Berkat juga memiliki kantor cabang mencapai 28 dan 40 unit pembantu cabang di Sulbar.
Menurut, Hamid Basmi, koperasi di Sulsel mengalami pertumbuhan pesat dalam tiga tahun terakhir dari 350 koperasi di 2008 menjadi 5.250 saat ini, dengan jumlah anggota 1,2 juta orang.
Untuk tahun 2011, kata dia, Dekopin akan fokus pada pembangunan koperasi unggulan dan koperasi khusus yang membina wanita.
“Koperasi unggulan adalah koperasi yang sehat berproduksi dan mampu melakukan ekspor atas produksinya,” ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar